Rabu, 06 April 2011

NTT punya "Komodo" INDRAMAYU punya "BIAWAK"




Indonesia memang negara yang mempunyai banyak potensi alam yang sangat indah dan sangat mempesona walaupun hanya sekedar dipandang contohnya pulau komodo yang sekarang menjadi salah satu dari 28 nominasi keajaiban dunia .

komodo dan biaawak masih dalam satu famili yaitu Famili Varanidae kedua hewan tersebut hampir tidak ada bedanya sama-sama seperti kadal jumbo akan tetapi biawak relatif lebih pendek di bandingkan komodo. kedua hewan ini sama-sama hewan pemakan daging atau yang sering kita sebut carnivora dan menggunakan air liurnya sebagai senjata menakluk musuh-musuhnya.
ciri-ciri yang mendasar pada biawak adalah terdapat bintik-bintik kuning di tubuhnya dan komodo relatif coklat.

dan tempat komodo berada di Letak kawasam TN Komodo di ujung barat Propinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di antara Pulau Sumbawa (Nusa Tenggara Barat) dan Pulau Flores (Nusa Tenggara Timur). Secara administratif kawasan ini terletak di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

pulau biawak berada di Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) Pulau Biawak Kabupaten Indramayu, secara goegrafis Pulau Biawak terletak pada posisi 06°56’022’’ LS dan 108°22’015’’ BT. Pulau Gosong (5o52’076”LS dan 108°24’337’’) dan Pulau Candakian (5o48’089”LS dan 108°24’487’’). Lingkup wilayah KKLD meliputi wilayah daratan pulau (terrestrial) dan wilayah perairan pantai dan laut sekitarnya. Berdasarkan management plan KKLD tahun 2005, luas total KKLD Kabupaten Indramayu ± 15.540 Ha, yang terdiri dari luas wilayah perairan ± 14.798 Ha dan luas daratan ± 742 Ha (P. Biawak ± 130 Ha, P. Gosong ± 312 Ha dan P. Candikian ± 300 Ha)

kedua pulau tersebut sama-sama mempunya pulau yang sangat menakjubkan terumbu karang yang mempesona hutan yang lebat serta reptil yang menakjubkan

soo kalian kunjungi pulau tersebut tak nyesell dah,.

0 komentar:

Posting Komentar